Selasa, 17 Mei 2011

BIKIN KLIP SENDIRI,,?? GAMPANG ..!!

Perkembangan musik di Indonesia, lima tahun terakhir ini cukup menggembirakan, ini terlihat dari banyaknya baik penyanyi solo maupun grup band baru bermunculan. Tidak berlebihan kalau saat ini, musik Indonesia sudah menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Walaupun tidak sepesat industri musik, film Indonesia juga mulai bangkit kembali, film nasional baru pun selalu hadir tiap  minggu.
Persaingan semakin ketat, recording company baik yang kecil maupun yang sudah besar hampir setiap hari menerima  puluhan sampel atau demo lagu yang dikirim oleh para penyanyi baru. Banyak cara yang bisa dilakukan pendatang baru untuk mengadu nasib terjun ke dunia menyanyi professional. Mengikuti kontes yang dilakukan penyelenggara juga bisa menjadi pilihan, sebut saja Indonesia Idol yang sudah banyak melambungkan nama pendatang baru di belantika musik Indonesia.
Buat Video Klip Sendiri
Teknologi saat ini sangat memungkinkan siapa saja untuk membuat video klip sendiri. Istilah video klip sebenarnya hanya populer di Indonesia, karena di luar sana orang menyebutnya dengan music video. Kamera handycam sudah tidak menjadi barang mahal lagi. Apa persiapan membuat video klip?
Konsep, ini merupakan blue print yang harus dipersiapkan secara matang. Konsep di sini adalah gagasan visual yang harus kamu buat. Yang paling umum dilakukan oleh seorang video klip membuat konsep visual berdasarkan lirik lagu. Ini bukan keharusan, bisa saja konsep visual yang kamu buat benar-benar tidak ada sangku pautnya dengan tema lagu tersebut. Untuk memudahkan dalam pengambilan gambar, baiknya kamu buat story board. Story board merupakan kumpulan gambar lengkap dengan komposisi serta angle kamera yang akan dibuat.
Lokasi, tempat pengambilan gambar bisa dilakukan indoor maupun outdor, studio atau bukan studio atau gabungan kedua-duanya. Jika dilakukan di studio mungkin tidak banyak kendala yang akan ditemui, beda halnya ketika dilakukan di tempat bukan studio. Oleh karena itu, sekali lagi bahwa konsep sangatlah penting. Pemilihan lokasi pasti disesuaikan dengan konsep yang kamu buat.
Peralatan Shooting, kamera ini alat utama dalam pembuatan video klip. Fitur yang terdapat di handycam cukup lengkap, manfaatkan handycam semaksimal mungkin. Lighting, ada dua jenis pencahayaan. Available light atau pencahayaan alami, misalnya matahari dan pencahayaan buatan. Jika shooting dilakukan di outdoor, kamu bisa memanfaatkan pencahayaan matahari. Tapi jika dilakukan di dalam ruangan tentu harus menggunakan lighting.
Latihan, ketika shooting memang bisa dilakukan beberapa kali take kalau kamu tidak puas dengan pengambilan gambar. Tapi baiknya lakukan dulu latihan, dengan demikian akan lebih memudahkan waktu shooting nantinya. Latihan berupa blocking talent, adegan, dan lipsync.
Mengarahkan Talen. Bernyanyilah, jangan pura-pura bernyanyi. Ini merupakan kesalahan yang dibuat oleh para penyanyi pemula  ketika berhadapan dengan kamera waktu pembuatan video klip. Lip sync, pergerakan mulut singkron atau sesuai dengan lirik yang diucapkan. Untuk panduan lip sync biasanya dengan memutar CD lagu yang dinyanyikan. Kesulitan lip sync biasanya untuk lagu-lagu dengan beat yang cepat, seperti lagu rock misalnya. Jadi, lagu yang diputar benar-benar hanya sebagai panduan saja, vokalis harus menguasai betul lagu yang dinyanyikan. Begitu juga dengan pemain musik, improvisasi gerakan boleh saja, tapi harus hati-hati dengan.
Editing, penyuntingan gambar dalam pembuatan video klip agak sedikit berbeda dengan penyuntingan film. Ini berhubungan dengan music, editor harus terampil dalam pemotongan gambar. Kesalahan beberappa frame saja bisa jadi akan mengganggu rangkaian shot yang diedit. Ketika drummer memukul simbal misalnya, editor harus benar-benar membuat cutting yang pas. Gambar harus disesuaikan dengan musik, bukan sebaliknya, karena musik adalah patokan pasti. Ritme pemotongan gambar pada editing video klip akan menentukan bagus tidaknya video klip itu sendiri.
Promosi
Manfaatkan faslitas web untuk promosi, upload klip yang sudah kamu buat di youtube atau di www.postyourmusic.com beritahukan alamat link klip yang sudah kamu upload tersebut ke semua teman via email atau miling list. Dari sekian banyak pengunjung bisa jadi ada produser rekaman yang tertarik dengan musik kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar